Sabtu, 18 Oktober 2014

Fischer Biola - OPALINE FISCHERI

Biola, salahsatu varian pada jenis Fischeri ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Selain warnanya hijaunya yg boleh dibilang "khas Opaline" kalau menurut Saya, karena tidak sama dengan warna hijau varian lainnya, warna merah pada bagian kepala dan leher-pun sangat kontras, yakni merah meny
ala.
Menurut artikel dari Ornitho-Genetics, keberadaan Opaline Fischer (di Indonesia dikenal sbg Biola) mulai ditemukan pada tahun 2010. Pelapor (pembeli saat itu) melaporkan telah membeli burung tsb di Hong Kong di pasar hewan lokal setempat.
Beberapa bulan kemudian si Pembeli ini membeli Biola kembali di toko yang sama. Hingga kini, keberadaan penjual di Hong Kong tsb tidak diketahui.
Namun kabar baik juga, beberapa tahun setelahnya (2012-2013) dilaporkan juga burung jenis Biola ada di Indonesia dan Italia. Pada saat tes kawin dilakukan, sengaja dibiakan untuk mengetahui ini mutasi genetis atau bukan, ternyata Biola bersifat resesif dan Sex-Linked (terkait kelamin), maka diyakini bahwa Biola ini betul mutasi gen yg diwariskan seperti halnya Opaline pada Roseicollis.

1 komentar: