Selasa, 01 April 2014

Lovebird Parblue

Seperti halnya lovebird pada umumnya

Saat pertama kali masuk Indonesia harganya kira anggap luar biasa mahal. Namun berangkat dari kesenangan kita dan keyakinan bahwa lovebird bisa menjadi penyaluran hobby kita. Beberapa dari kita mencoba menangkar,beberapa gagal, beberapapun sukses dan berhasil meraup Rupiah karena tanpa sadar maupun sadar lovebird menyumbang banyak Rupiah dalam kehidupan kita....hehe..
Seiring jalannya waktu breeder berlomba2x untuk menciptakan lovebird dengan berbagai kriteria sebagai acuan mereka, baik untuk kualitas suara.warna dsb tergantung cara pandang.

Banyak diantara kita setuju jika menganggap lovebird sebagai salah satu investasi kita.

Saat ini jenis parblue / yellow face lovebird menurut saya sebagai salah satu invest terbaik dalam jenis lovebird menurut saya, mengingat jenis muka kuning ini yg masih terbatas dan dalam pengembangan.

USA sebagai negara pencetus tempat lahirnya jenis parblue ini pun masih pelit dalam membagi parblue.
saat pertama tiba di Indonesia sy bisa menjual dengan harga 6 jt per ekor . Kedatangan ke 2 sy jual dengan harga 7,5 jt per ekor. Dimana saat itu hanya masuk 10 ekor per kedatangan dan hanya warna standart
Saat ini akan masuk parblue untuk ke tiga kalinya. Namun begitu kagetnya mendengar Importir menyebut angka 15 jt per ekor. Telusur punya telusur.harga fenonenal ini juga disebabkan banyaknya negara yang menginginkan jenis ini. Termasuk tetangga kita pengirim jenis biola yang lagi getol menciptakan parblue2x jenis varian baru, negara2x Eropa yang sudah ngempet banget.dll.
Alhasil peternak parblue USA kebanjiran rejeki. Hargapun dilambungkan setingi2xnya ( sama seperti saat harga lb khususnya lutino ketika melonjak) mengingat mereka negara pencetus parblue.
Untuk mendapatkan parblue mereka mematok harga yg super keren. Istilahnya klo mau ya monggo klo ga, ya masih ada yg mau kok.
Dilema sekali.hehe..
Setelah pembicaraan panjang dan bertanya kepada senior2x yang perduli pada pengembangan lovebird di Indonesia maka sepakat akan memasukkan parblue edisi ke tiga dengan berbagai varian warna. Standart,olive,pastel,pied..dengan jumlah yang 5 kali lebih banyak dr jumlah sebelumnya. Spekulasi yang sangat tinggi mengingat harga lovebird pada umumnya di Indonesia tengah merosot. Namun siapa sangka bahwa lovebird lover kita begitu antusias menyambutnya pemesanan parblue pun saya anggap mengagetkan, ada yang bilang
" masa lihat difoto aja terus om; sekali2x harus punya"
Sisa pemesanan via sy pun sepertinya juga sudah siap disambar salah satu teman breeder yang sudah hilir mudik negara gajah putih namun belum berhasil nemboyong satu ekorpun parblue dari mereka....Beliau ini pemain hobby lama dan sadar betul akan potensinya di masa mendatang....

Sedikit tulisan ngelantur ini hanya sekedar memotivasi rekan2x breeder untuk tetap optimis akan masa depan lovebird yang masih panjang.

1 komentar: